Kota Pekalongan adalah salah satu dari 35 Kota dan Kabupaten di Wilayah Propinsi Jawa Tengah. Dalam Perkembangannya menuju persaingan bebas, Pemerintah Kota Pekalongan terus berbenah menggali potensi-potensi yang ada. Selama ini Kota Pekalongan telah dikenal sebagai KOTA BATIK yang merupakan sentra produksi dan penjualan Batik dalam skala besar yang telah menjangkau Pasar Nasional maupun Internasional.
Kota Pekalongan boleh dikatakan telah menjadi salah satu kota referensi bagi produk-produk Batik, baik secara Nasional maupun Internasional hal ini diperkuat dengan telah diresmikannnya sebuah Museum Batik Nasional oleh Presiden Republik Indonesia (Bapak Susilo Bambang Yudhoyono) pada tanggal 12 Juli 2006. Selain Batik Kota Pekalongan juga memiliki potensi usaha di bidang Perikanan dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara yang pernah menjadi sentra penghasil ikan terbesar di Indonesia.

Senin, 15 Agustus 2011

Megono Pekalongan dan Batang

Posted by Puskom On 02.54 1 comment

Kalo ngomongin masalah makanan khas, Pekalongan juga memiliki beberapa makanan khas yang tidak kalah dengan kota lain. Salah satunya adalah nasi megono. yang biasa dijual di seluruh kota di pekalongan. makanan nasi megono alias sego megono ini biasanya memiliki rasa sambal yang khas bau aroma bumbu asli pekalongan. cewe yang jual pun cakep-cake biasanya. hahahaha



Ga di kota-kota, ga juga di desa-desa di daerah pekalongan, banyak sekali yang menjual nasi megono yang hmmmmmmm uenak banget. walau dijual di piggir jalan, tapi karena rasanya mang enak jadinya tetep enak pa lagi sambil melirik cewe2nya :D. bagi yang belom nyobain nasi megono yang sederhana tapi bikin kangen, coba deh nyari di Kota Pekalongan ato di Kota batang. Karena nasi megono hanya ada di kota pekalongan dan sekitarnya saja.

bagi yang pengen membuat sendiri di rumah, caranya mudah saja berikut cara membuat nasi megono :

Begini Bahan-Bahannya :
Nasi Liwet / sego liwet
* 400 gram beras, cuci bersih
* 1 batang serai, memarkan
* 2 lembar daun salam
* ½ sdt garam
* 900 ml air

Bumbu urap (haluskan):
* 3 siung bawang putih
* 2 siung bawang merah
* 2 cm kencur
* 6 buah cabai merah keriting
* ½ sdt terasi, bakar
* 1 sdm gula merah
* ½ sdt garam
* ½ butir kelapa setengah tua, parut
* 2 lembar daun jeruk purut
* 2 lembar daun salam
* 250 gram nangka muda, cincang, rebus
* 100 gram kacang panjang, potong-potong, rebus

Cara Membuatnya :

1. Buat Nasinya dulu: masukkan semua bahan nasi liwet ke dalam panci, tutup , masak sampai air habis. Aduk, tutup panci dan masak dengan api kecil sampai nasi tanak. Angkat.
2. Baru Urapan nangka / megononya: campur bumbu urap yang sudah dihaluskan dengan kelapa parut, daun jeruk, dan daun salam, aduk rata, kukus selama 25 menit angkat. Campur dengan nangka dan kacang panjang, aduk rata, sisihkan.
3. Sajikan nasi dan urapan megono tadi bersama dengan daun pisang. Jangan lupa beri sambal tomat dan tempe gorengnya biar lebih sempurna.

1 komentar:

Aku nyacak rasane maknyus megono ne wong kalongan mbatang :D:D

T O P B G T

tak njajal neh nko mas brow , Salam Pekalongan !!

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Buruan like Universitas Pekalongan di facebook mu !!